”Property

B Purwanti, S.E. (Financial & Property Consulting)

Investasi property adalah salah satu langkah aman dalam berbisnis. Bayangkan saja, misalnya kita membeli sebidang tanah pada tahun ini, kita dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk pertanian atau lahan perkebunan. Namun, begitu empat tahun kemudian, kita dapat menjualnya dengan selisih harga jual yang menguntungkan dari harga beli.

Selain itu, bagi anda yang masih awam dengan dunia property, namun tertarik mencobanya, jangan ragu untuk memulai karena tahun 2020 ini perekonomian tengah bangkit. Tahun 2024 nanti diperkirakan bisnis property akan booming. Jangan sampai Anda ketinggalan untuk meraih keuntungan dari investasi property ini.

Analisis yang telah dilakukan mengenai mengapa tahun 2024, bisnis property akan booming adalah termasuk pertumbuhan ekonomi Indonesia terus naik, daya beli konsumen terus meningkat, pembangunan infra struktur meningkat, suku bunga KPR rendah dan stabil, suku bunga konstruksi rendah dan stabil, dan pasar perumahan apartemen dan perkantoran (pada tahun 2020) tumbuh 20-25%.

Uniknya, bisnis property di Indonesia berbeda dengan Negara-negara lainnya. Disini, harga property tidak turun atau stabil meski inflansi tinggi dan suku bunga naik. Investasi property di Indonesia itu high return, low risk. Sebagai investasi, saat ini orang-orang yang memiliki uang lebih percaya asset property  dari pada   asset financial  seperti  saham  dan  reksadana.

Dalam berinvestasi di proper, ada empat jurus yang harus dilakukan, yakni waktu yang tepat, lokasi yang tepat, pengembang yang tepat dan pembiayaan yang cerdas. Berikut ini adalah uraian empat jurus investasi property.

  1. Waktu yang tepat, artinya Anda membeli produk yang baru dibangun di lokasi tepat dan belilah saat acara peluncuran produk. Biasanya ketika property terbangun, harganya pun semakin meroket.
  1. Lokasi yang tepat, artinya Anda harus memperhatikan jumlah orang yang masuk ke area tersebut lebih besar daripada orang yang keluar. Anda juga harus memperhatikan aksesibilitas yang baik menuju pusat kota. Pilih lokasi dekat dengan pusat pertumbuhan bisnis dan strategis.
  2. Pengembang uang tepat, artinya Anda harus cerdik memilih pengembang yang berpengalaman, yang memiliki reputasi baik dan memiliki karakter yang baik.
  3. Pembiayaan yang cerdas, Anda perlu memikirkan pembiayaan secara tunai atau kredit, memikirkan pula pembiayaan dengan jangka pendek atau jangka panjang dan memperhatikan bunga fixed atau floating.
  4. Untuk investasi property yang terbaik dari sisi return on investment, Anda dapat melirik property rumah sewa, ruko atau rukan, ruang perkantoran dan apartemen atau kondomonium.

Tinggalkan Balasan